Tuesday 26 May 2015

6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker

with 0 Comment
 6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker

Seberapa penting traveling ala backpacker buat kamu?

Pernahkah terbersit di kepalamu tentang orang-orang yang menjelajahi tempat-tempat eksotis atau yang sering disebut backpacker? Apakah kamu berpikir bahwa mereka kurang kerjaan?

Mungkin tidak..

Hidup adalah perjalanan. Mau tidak mau, suka tidak suka, kehidupan kita harus kita jalani. Saat seseorang dilahirkan, lalu dia menjadi bayi yang merangkak, lalu tumbuh menjadi balita hingga anak-anak, dan terus tumbuh hingga dewasa.

Dunia ini sangat luas. Menurut Ensiklopedia Online Wikipedia, luas bumi sekitar 360.000 km persegi. Bukankah kita tinggal di bumi ini? Mengapa kita tidak ‘mengenal’ lebih dekat bumi ini? Apa yang ada di bumi ini?

Seorang backpacker bernama Marina Silvia Kusumawardhani telah menyaksikan Piala Dunia Sepak Bola di Jerman pada tahun 2006. Lalu menonton konser musik Sting, merayakan ulang tahun di Venesia dan menghabiskan masa liburannya mengelilingi 45 kota dan 13 negara Eropa selama 6 bulan. Ia hanya menghabiskan biaya sebesar $1000 (sekitar 9,3 juta rupiah saat itu).

Bandingkan jika anda pergi dengan menggunakan pesawat. Lalu transit di beberapa negara. Setelah anda sampai di tujuan, anda memesan hotel yang anda baca di booklet travel kemarin. Lalu anda memesan makanan di restoran di dekat hotel anda. Berapa banyak uang yang anda habiskan?

Banyak sekali!

Lain halnya dengan backpacker bernama Ade Perucha Hutagaol. Ia telah berkunjung ke hampir semua provinsi di Indonesia dan 33 negara di dunia. Ia telah melakukan banyak hal yang belum pernah dicobanya dan cukup aneh. Ia pernah berenang di danau penuh ubur-ubur, menjalin hubungan dengan orang Filipina yang kesulitan mengatakan huruf P, F, dan V dan memaki politikus di daerah setempat.

Mengapa mereka melakukan semua itu?

1.       Keluar dari zona nyaman

 6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker


“Life begins at the end of your comfort zone”
-- Neale Donald Walsch

Pernahkan anda merasa bosan dengan rutinitas anda? Coba ingat kembali apa yang anda lakukan saat pagi, siang, sore dan menjelang tidur. Apakah kegiatan tersebut adalah rutinitas yang terus menerus dilakukan oleh anda.

Anda harus keluar dari lingkaran rutinitas anda. Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan anda, keluarga anda dan segala yang anda punya. Yang anda lakukan adalah mencoba hal-hal baru seperti bertualang dan menjelajahi tempat-tempat  yang belum anda coba.

Lakukan sesuatu yang baru.

2.      Mencicipi perbedaan budaya

 6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker


Indonesia sangatlah kaya akan keanekaragaman budaya, ras, dan agama.

Mungkin anda sering mendengar, atau bahkan bosan dengan contoh kalimat diatas. Anda mungkin merasa biasa saja. Indonesia ya, itu-itu saja

Padahal tidak.

Jika anda telaah lebih jauh, Indonesia memiliki berbagai keunikan tersendiri di setiap daerah. Cobalah untuk mendatang tempat-tempat terpencil yang jauh dari keramaian kota. Seperti di Papua dan sekitarnya. Anda akan menemukan budaya yang sangat kental sekali.

3.      Menikmati masakan daerah

“I like food. I like eating. And I don't want to deprive myself of good food”
--  Sarah Michelle Gellar

Pernah mencicipi lapa-lapa. Lapa-lapa adalah masakan khas daerah Sulawesi Tenggara. Di Indonesia, kamu akan menjumpai banyak masakan daerah yang tidak pernah kamu makan dan tidak dijual di restoran.

Menikmati masakan daerah adalah pengalaman baru yang menyenangkan.

4.      Bertemu dengan orang baru

 6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker


“There is nothing better than a friend, unless it is a friend with chocolate”
― Linda Grayson

Berteman dengan orang yang berbeda budaya dan ras sangatlah menyenangkan. Kamu bisa saling bertukar informasi dan pengalaman yang dialami. Teman yang baru kamu jumpai bisa membimbing kamu ke tempat-tempat indah. Dia juga bisa membantu kamu menawar harga ketika kamu ingin membeli souvenir.

Backpacker sejati memanfaatkan jaringan persahabatan untuk mengelilingi dunia yang belum pernah ia kunjungi

5.      Menghadapi ketakutanmu

 6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker


Kamu takut dengan ketinggian?

Cobalah untuk menantang adrenalinmu. Kamu bisa melompat di atas air terjun dengan ketinggian beberapa meter. Awalnya mungkin menakutkan. Kamu berpikir bahwa itu berbahaya.

Selama di bawah ada air, kamu  tidak perlu takut akan bahaya yang menimpa.

Namun, jangan menantang bahaya! 

Walau bagaimanapun, keselamatan adalah nomor 1

6.      Happy

 6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker


Alasan utama menjadi backpacker yang mengelilingi berbagai daerah dan negara adalah satu.

Bahagia

Seperti layaknya hobi, mereka melakukan hobi tanpa tujuan yang pasti, namun mereka bahagia. Mereka senang. Mereka mau melakukan hal itu karena kesenangan pribadi. Mereka mengatasi rasa jenuh yang mereka rasakan dengan traveling. Mereka melakukan hal itu karena mereka suka dan senang melakukannya.

Buat apa melakukan suatu hal yang tidak kamu sukai?

Kesimpulan..

Traveling itu adalah hobi. Mereka melakukannya dengan senang hati. Traveling juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Jika anda seorang yang newbie dalam traveling ala backpacker, anda bisa bergabung dengan komunitas backpacker.

Jaringan antar backpacker sangatlah penting. Kita bisa bertukar wawasan serta pengalaman masing-masing. Kamu bisa bertanya tempat yang cocok untuk dikunjungi di musim liburan, ataupun cara menghemat uang ketika liburan. Ikuti juga komunitas backpacker internasional! 

0 comments:

Post a Comment