Tuesday 9 June 2015

Keraton Kasepuhan

with 0 Comment

Keraton Kasepuhan

Pernah menunjungi Keraton Kasepuhan?

Jika belum, sebaiknya anda mencoba mengunjungi keraton ini.

Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan
Saat anda mendatangi Keraton Kasepuhan, anda akan melihat halaman keraton yang dikelilingi tembok bata merah. Di dalam Keraton Kasepuhan terdapat pendopo di dalamnya.

Di Keraton Kasepuhan terdapat museum yang menyimpan barang-barang pusaka yang cukup antik, peninggalan zaman terdahulu. Seperti kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana milik Sunan Gunung Jati. 
Keraton Kasepuhan
Kereta Singa Barong


Di bagian dalam Keraton Kasepuhan, terdapat bangunan peninggalan zaman terdahulu yang terdapat truang tamu, ruang tidur dan singgasana Raja.

Di depan Keraton Kasepuhan terdapat alun-alun bersejarah. Bersejarah karena alun-alun ini dulunya digunakan untuk tempat latihan prajurit. Konon, di alun-alun inilah tempat untuk menghukum rakyat yang melanggar peraturan.

Di sebelah barat Keraton Kasepuhan terdapat sebuah masjid dengan yang kokoh dan indah yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Keraton Kasepuhan
Masjid Agung Cipta Rasa


Di sebelah timur Keraton Kasepuhan terdapat sebuah pasar Kasepuhan yang terkenal dengan teh pocinya.
Sebelum memasuki gerbang kompleks Keraton Kasepuhan, terdapat dua pendopo. Pendopo barat (Pancaratna) merupakan tempat berkumpulnya punggawa keraton atau lurah, sedangkan Pendopo timur (Pancaniti) merupakan tempat berkumpulnya perwira keraton ketika diadakan latihan prajurit di alun-alun.

Setelah memasuki gerbang kompleks Keraton Kasepuhan, di sebelah kiri terdapat bangunan tinggi yang disebut Siti Inggil. Bahasa lainnya lemah duwur yang berarti tanah yang tinggi. 

Untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa melihat di situs resmi kasepuhan.com

Fasilitas
Masjid, Lapangan Parkir, Cafeteria dan Toko Suvenir

Tiket Masuk
Dewasa: Rp.2000
Anak-anak: Rp.2000
Bawa kamera: Rp.1000
Jam buka: 08.00-16.30

Peringatan
Dilarang melakukan pengotoran di sekitar kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon

Transportasi
Keraton Kasepuhan terletak di pusat kota Cirebon, Kelurahan Kasepuhan. Kecamatan Lemah Wungkuk. Kendaraan yang dapat digunakan yaitu transportasi umum seperti taksi, ojek dan becak. Dari Terminal Harjamukti ke timur laut hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan menumpang becak atau sekitar 30 menit dari Stasiun Kejaksan ke arah selatan

0 comments:

Post a Comment