Wednesday 27 May 2015

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!

with 0 Comment

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!

Kini, traveling ala backpacker semakin berkembang.

Di zaman yang serba mahal seperti saat ini, pilihan menjadi backpacker sangatlah cocok. Kita bisa menekan biaya pengeluaran sekaligus mengunjungi banyak tempat.

Pengalaman berwisata ala backpacker merupakan pengalaman yang sangat berharga, karena kita akan menemukan pengalaman baru di setiap tempat yang kita kunjungi. Meskipun lelah karena menggendong tas gede yang berat, rasa lelah kita akan terobati jika kita telah sampai di tempat tujuan.

Menjadi backpacker tidak memerlukan keahlian khusus. Kita hanya bermodal niat, tekat dan komunikasi yang kuat dengan orang di sekitar kita. Backpacker yang sukses adalah backpacker yang telah berkeliling daerah hingga dunia dengan memanfaatkan jaringan backpacker dan mampu berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

Mengapa?

Mereka terkadang mendapat tempat menginap di salah satu rumah teman backpacker. Lalu mereka mendapat informasi tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Terkadang, informasi berharga yang tidak dapat dibeli diberikan secara cuma-cuma oleh penduduk setempat.

Mengapa harus backpacking? Baca 6 Alasan Unik Mengapa Orang Menjadi Backpacker

Untuk memulai backpacking, banyak hal yang harus disiapkan. Backpacking tidaklah sama dengan traveling biasa.
1.       Siapkan Ransel.

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!

Disebut backpacker karena setiap perjalanan selalu menenteng tas yang gede. Ransel sangat praktis dibawa kemanapun. Selain itu, tangan kita terbebas dari keharusan menenteng tas-tas yang tidak perlu. Tangan kita bisa melakukan banyak hal, seperti bergelanyutan di bus kota, dan sebagainya.

Ransel yang disiapkan bukanlah ransel yang biasa digunakan untuk pergi kesekolah. Pergilah ke toko yang menjual perlengkapan mendaki gunung. Ransel khusus untuk backpacker cocok digunakan untuk mendaki gunung. Selain bahan kainnya yang kuat dan tidak mudah robek, tas khusus backpacker mampu menampung banyak benda.

Di toko online banyak sekali yang menjual jenis ransel seperti ini.

2.       Punya banyak teman.

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!


Kita bisa menginap di salah satu rumah teman kita. Sehingga kita dapat menghemat biaya akomodasi. Padahal biaya akomodasi adalah salah satu biaya terbesar yang dikeluarkan oleh traveler

Menjalin pertemanan tidak hanya di Indonesia saja, bertemanlah dengan orang asing. Anda bisa menggunakan fasilitas social media seperti Facebook, Twitter, dan Google. Social media mampu menghubungkan orang dari berbagai negara

Bergabunglah dengan komunias backpacker!

Komunitas backpacker yang cukup terkenal yaitu Hospitality Club dan Couch Surfing. Kedua komunitas ini berfungsi sebagai jaringan sosial antar backpacker di seluruh dunia. Anda bisa mendapatkan bantuan berupa penginapan, tempat-tempat seru, dan sebagainya dari backpacker yang ada di seluruh dunia.

Hal ini akan menghemat biaya perjalanan anda.

3.       Jalin hubungan dengan orang baru

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!


Cobalah untuk berkenalan dengan orang di jalan. Mereka bisa menolongmu saat kesulitan, dan juga dapat memberi arah yang benar. Backpacker yang baik adalah backpacke yang memiliki banyak teman baru.

4.       Jangan mudah lapar

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!

Menjadi backpacker bukan seperti menjadi traveler biasa. Kita tidak bisa makan semau kita, karena kita harus menghemat habis-habisan biaya pengeluaran kita. Cobalah melatih perut agar tidak terlalu manja. Anda harus bisa makan apa saja, kapan saja, dan di mana saja.

5.       Kuasai denah lokasi.

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!


Cobalah untuk mempunyai peta. Kuasai denah lokasi tujuan kita. Pelajari peta atau petunjuk untuk mengetahui daerah yang akan kita tempuh untuk tiba di lokasi tujuan. Berikanlah waktu istirahat untuk jeda perjalanan anda. Cobalah untuk memikirkan kemungkinan berapa lama kita sampai di lokasi tujuan.

6.       Kenali peraturan sekitar

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!


Cobalah untuk menguasai peraturan daerah lokal. Hal ini wajib dilakukan agar kita terhindar dari denda atau pidana lainnya. Jangan sampai liburan yang menyenangkan anda rusak dengan hal-hal yang sepele.

7.       Pahami destinasi.

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Backpacker!

Pelajari pola cuaca daerah tersebut. Bersiaplah dengan kemungkinan cuaca terburuk. Suhu berubah ditempat yang lebih tinggi dan di sore hari/malam hari. Jangan gunakan jins, karena sangat susah untuk dicuci. Gunakan polypropylene, wol atau material lain yang cepat kering dan membuang lembab

Cek lokasi tujuan anda. Apakah disana terjadi bencana seperti banjir, tsunami, atau gempa bumi? Apakah disana sedang terjadi perang? Apakah disana sedang terjadi penularan wabah penyakit?

Kesimpulan..

Backpacking itu menyenangkan. Karena tidak berpatok pada keterbatasan waktu di satu tempat dan tidak terikat pada tata tertib pergi berombongan. Daya jelajah dengan menjadi backpacker pun luas. Lokasi yang hendak dituju kadang-kadang Cuma backpacker yang mau bersusah payah mendatanginya, seperti suku-suku pedalaman, hutan belantara, gunung dan sebagainya.

Anda bisa merencanakan perjalan sendiri sehingga memungkinkan banyak lokasi bisa dikunjungi.

0 comments:

Post a Comment