Friday 29 May 2015

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat

with 0 Comment


Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat


Bagaimana merencanakan anggaran backpacking?
Merencanakan anggaran backpacking adalah hal yang mudah. Terlebih lagi dengan adanya fasilitas internet yang memudahkan kita dalam mengambil informasi-informasi penting. Untuk merencanakan biaya anggaran, anda harus merencanakan biaya pengeluaran anda, lalu lebihkan sekitar 30% untuk berjaga-jaga.

Dengan adanya rencana anggaran, anda dapat menekan biaya pengeluaran anda dari hal-hal yang tidak perlu.

Sebelum membuat rencana anggaran, anda harus mencari informasi gratis di internet. Jangan sepelekan riset tentang persiapan anggaran anda. Anda dapat menghemat waktu dan uang anda.
Pantau juga kurs dolar. Anda bisa melihatnya di website cnajhdjf untuk mengecek perkembangan kurs terbaru. Untuk penukaran mata uang dengan nominal yang besar, satu sen sangatlah berarti.
Rencana anggaran dalam backpacking dibagi menjadi 7 hal penting. Pembagian rencana anggaran ini akan memudahkan anda dalam penyusunan rencana anggaran backpacking sehingga lebih terorganisir.

1.       Transportasi
Anggaran yang dikeluarkan untuk transportasi mencakup biaya tiket pesawat dan transportasi antar kota. Totalkan semua biaya yang diperlukan untuk tiket pesawat, bus, kereta api dan transportasi umum lainnya. Di internet, banyak yang menyediakan informasi tentang harga tiket, anda bisa mengecek di google.

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat

Jangan lupa untuk membandingkan biaya transportasi dengan tujuan yang sama. Misalnya, Surabaya-Jakarta menggunakan kereta api lebih murah dibandingkan dengan menggunakan fasilitas pesawat. Mungkin, waktu yang diperlukan untuk sampai di tujuan sangatlah cepat jika menggunakan pesawat, namun semua itu disesuaikan dengan kebutuhan anda. Namun, untuk tujuan antar kota, usahakan untuk menggunakan bus atau kereta api untuk menekan biaya pengeluaran

Harga tiket pesawat dengan waktu yang sama dan tujuan yang sama berbeda-beda. Seperti pada gambar. Dengan tujuan dan waktu yang sama, tiket pesawat A lebih murah dibanding tiket pesawat B.

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat


Pesanlah tiket pesawat jauh-jauh hari. Usahakan berangkat di hari kerja, karena tiket pesawat di hari kerja lebih murah dibanding tiket pesawat di akhir pekan. Misalnya, berangkat di hari Kamis lebih murah disbanding berangkat di hari Sabtu.

Manfaatkan promo yang disediakan oleh maskapai penerbangan. Beberapa maskapai penerbangan memberikan promo besar-besaran kepada pelanggan.
Gunakan transportasi umum untuk menjelajahi kota. Kalau bisa, berjalan adalah ide yang bagus untuk menghemat anggaran. Jangan menggunakan taksi, karena akan memakan biaya yang besar.

 Gunakan kartu berlangganan seperti EZlink yang dapat digunakan untuk MRT di Singapura. Dengan menggunakan kartu berlangganan, anda dibebaskan dari keharusan untuk menukar uang kecil.

2.       Akomodasi

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat

Cari informasi di internet tentang biaya akomodasi. Anda bisa mencari di google dengan mengetikkan “recommended hostel in Singapore”.

Carilah akomodasi yang menyediakan sarapan gratis, sehingga anda dapat menghemat biaya makan. Cari juga akomodasi yang terletak di daerah yang dekat dengan tempat wisata dengan harga murah. Sehingga anda bisa mengunjungi tempat wisata dengan berjalan kaki. Carilah juga akomodasi dengan fasilitas internet gratis. Fasilitas internet gratis adalah nilai plus suatu akomodasi murah.

3.       Makanan

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat

Anggarkan biaya pengeluaran untuk makan dan minum dan juga cemilan. Misalnya anda meng-anggarkan biaya makan dan minum adalah Rp.50.000,- per hari termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam juga cemilan dan minum.

Biaya makan di setiap negara tidaklah sama. Anda bisa cari informasi di internet mengenai biaya hidup sehari-hari di tempat yang anda tuju. Dengan begitu, anda bisa merencanakan biaya yang anda keluarkan.

Belilah makanan dan minuman di warung lokal. Belilah makanan dan minuman di pasar ataupun di toko kecil. Makanlah di restoran kaki lima. Tanya ke masyarakat sekitar tempat makanan yang murah dan enak. Lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri.

Hindari juga minibar yang tersedia di hotel. Apabila anda menginap di hotel yang menyediakan minibar, janganlah ambil apapun karena pajak hotel sangat besar. Anda bisa membeli langsung di supermarket yang buka selama 24 jam.

4.       Tempat wisata

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat


Jadilah pemandu tur untuk anda sendiri. Carilah informasi mengenai tempat wisata yang ingin anda kunjungi di internet.

Ambillah peta gratis di pusat informasi turis. Banyak yang menyediakan peta gratis di bandara atau di hotel. Informasinya juga cukup lengkap. Anda bisa menghemat biaya untuk membeli peta di toko buku. Tak hanya peta, biasanya juga terdapat booklet gratis yang berisi tempat wisata, penginapan, hotel, dan sebagainya.

Banyak objek wisata menarik yang tidak memungut biaya masuk. Carilah tempat wisata yang gratis untuk dikunjungi sehingga akan menghemat biaya pengeluaran anda.

Prioritaskan tempat wisata yang benar-benar ingin anda kunjungi. Meskipun akan dikenai biaya tiket masuk, tak ada salahnya untuk anda kunjungi. Namun sesuaikan dengan anggaran anda.

Hindari tourist spot seperti pusat oleh-oleh, dan restoran yang dijual di dekat tempat wisata. Biasanya, tourist spot memasang harga mahal kepada pengunjung dengan kualitas yang tidak sepadan.

Sewalah kendaraan lokal. Cari informasi mengenai tempat penyewaan kendaraan. Anda bisa menyewa sepeda, sepeda motor atau kendaraan lainnya untuk menghemat biaya angkutan umum dan anda bisa berjalan-jalan mengelilingi tempat tujuan anda tanpa harus mengikuti rute angkutan umum.

5.       Biaya pembuatan dokumen perjalanan

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat

Anda harus mencari informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan dokumen perjalanan seperti visa dan paspor. Berhati-hatilah dengan pungutan liar ketika anda mengurus dokumen perjalanan.

6.       Belanja

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat

Tak lengkap jika anda berwisata tanpa membeli oleh-oleh. Oleh-oleh tidak harus mahal, tetapi berkesan. Contohnya gantungan kunci, t-shirt, topi, cemilan, bros, dan lain sebagainya. Belilah oleh-oleh yang menampilkan ciri khas dan keunikan daerah itu sendiri.

Belilah oleh-oleh di pasar tradisional, dan tawar harganya serendah mungkin. Menawar di pasar tradisional adalah hal yang lumrah.

Tawarlah dengan mematok harga 50 atau 60 % dari harga awal. Jika penjual bersikeras dengan harga semula, naikkan tawaran menjadi 65 atau 70% dari harga awal. Jika si penjual menolak, anda bisa pergi dan mencari penjual yang lain. Jika anda beruntung, si penjual tidak akan membiarkan anda pergi.

7.       Komunikasi

Cara Cerdas Merencanakan Biaya Backpacking Dengan Hemat

Jika anda berpergian ke luar negeri, tak ada salahnya untuk membeli SIM card dengan nomer lokal.

Jika handphone anda tidak cocok dengan SIM card yang anda beli, membeli handphone baru adalah pilihan yang bijak. Belilah handphone yang harganya murah, yang penting bisa digunakan untuk telepon dan SMS.  Jika anda sedang berpergian ke China, Korea, dan Jepang, cobalah untuk membeli handphone yang tersedia dalam bahasa inggris.

Meskipun ada beberapa SIM card yang dapat menjangkau hingga ke luar negeri, pada umumnya SIM card tersebut memasang tarif yang lebih mahal dibanding SIM card lokal yang anda beli di luar negeri. Namun keputusan ada di tangan anda.

Jika tempat penginapan anda menyediakan fasilitas internet gratis, anda dapat menggunakan skype untuk menelepon dan fasilitas chatting messenger.

Kesimpulan..

Dalam merencanakan biaya anggaran backpacking, anda harus mempersiapkan perencanaan dana dengan detail dan terperinci. Rajin-rajinlah mencari informasi di internet dan buku-buku di perpustakaan.

Janganlah buta informasi.

Informasi mengenai tempat tujuan anda sangatlah penting dalam backpacking, karena sangat membantu anda untuk menghemat biaya pengeluaran.

0 comments:

Post a Comment